Minggu, 26 April 2015

Pembudidayaan Ikan Arwarna

Pembudidayaan Ikan Arwarna

Mengkutip dari :www.puspadanta.com

            Puspadanta- Pembenihan ikan Di daerah Yogyakarta saat ini cukup berkembang. Di Yogyakarta terdapat banyak kelompok pembenihan ikan diantaranya pembenihan ikan arwana. Pembenihan ikan arwana yang cukup terkenal di daerah Yogyakarta adalah kelompok Mina Karya yang beralamat di Dusun Blendangan, Tegaltirto, Berbah, Yogyakarta. Di kelompok Mina Karya yang dipimpin oleh Bapak Santosa dan berjumlah 6 anggota kelompok ini, budidaya ikan arwana dilakukan di kolam tanah.Benih ikan arwana ini merupakan produk unggulan hasil kelautan dan perikanan di Indonesia. Pemberdayaan hasil kelautan dan perikanan yang berupa pembenihan ikan di Indonesia dapat menjadi penopang bagi perekonomian di tengah krisis keuangan global.
Untuk mencukupi kebutuhan Ikan arwana untuk pasaran local maupun luar negeri pasokan benih ikan arwana dari Mina Karya Yogyakarta belum mencukupi. Hal ini sebenarnya menjadi kesempatan bagi kelompok budidaya ikan untuk ikut mencoba mengembangkan budidaya ikan arwana. Budidaya ikan arwana sangat menjanjikan dikarenakan harga ikan arwana mencapai jutaan rupiah per ekornya.
Jenis arwana yang saat ini berkembang di Indonesia ada empat jenis, yaitu Arwana Super Red, Arwana Golden, Arwana Jardini, Arwana Perak atau silver. Sedangkan Jenis ikan arwana yang dikelola Kelompok Mina Karya ialah Ikan Arwana Silver. Ada 14 kolam pembenihan yang dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 2 hektar. Pembenihan ikan arwana di kelompok Mina Karya menggunakan cara alami. Pembenihan Ikan arwana bukanlah sesuatu yang mudah, dalam pemeliharaan induk ikan arwana diperlukan kolam yang cukup air dan tenang serta dijauhkan dari sinar matahari langsung. Rata – rata kedalaman air kolam ikan arwana antara 1 meter hingga 2 meter.
Ikan arwana hidup pada air yang cukup dengan tingkat keasaman air yang sedang. Yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan maupun budidaya  ikan arwana di kolam tanah ,selain jenis tanah juga suhu air. Air yang berada di kolam budidaya sebaiknya pada suhu 26 – 30 °C. Salah satu kendala dalam budidaya ikan arwana adalah munculnya jamur yang berada di tubuh ikan jika suhu air dibawah 25 derajat celsius. Perubahan suhu mendadak pada kolam dapat menyebabkan shock pada ikan, selain itu dapat memicu berbagai kendala. Jika Suhu terlalu tinggi, untuk jangka waktu lama akan mempengaruhi keindahan ikan arwana.
Musim panen bagi ikan Arwana biasa terjadi di Bulan Desember hingga Juni tiap tahunnya. Dalam sebulan masa panen, bisa dilakukan 4 hingga 7 kali. Untuk tiap ekor indukan, bisa menghasilkan 100 hingga 150 bibit. Setelah berusia 2 hingga 4 minggu lalu sudah siap diekspor dengan Harga per ekornya mencapai Rp 50 ribu sampai 75 ribu per ekornya. Kelompok Mina Karya sekarang ini sudah mengekspor ikan arwana di banyak tempat seperti Singapura dan Cina. Sekarang ini kelompok Mina Karya mempunyai sekitar seribu ekor induk ikan arwana untuk mencukupi kebutuhan benih di pasaran local maupun internasional. Budidaya ikan arwana di Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki prospek cerah, dikarenakan untuk pemenuhan ekspor ke Cina sebesar 15 ribu ekor per bulan, kini baru terpenuhi separuhnya saja. (ddt/pus)


Sumber dari : http://puspadanta.com/pembudidayaan-ikan-arwana/                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar